Jenis-Jenis USG yang Perlu Diketahui Sebelum Memilihnya

Jenis-Jenis USG yang Perlu Diketahui Sebelum Memilihnya

Setiap pasangan suami istri yang sedang menunggu lahirnya buah hati pasti sangat merasa senang. Mereka pasti akan memberikan yang terbaik untuk calon buah hati mereka. Mulai dari asupan makanan bagi ibu hamil, pola istirahat, bahkan kebahagiaan pun sangat diperhatikan. Semata-mata agar sang kelahiran sang buah hati bisa berjalan dengan lancar dan bayi terlahir secara sehat.

Salah satu hal yang paling sering dilakukan untuk menunggu buah hati lahir adalah cek USG. Apa itu USG? USG adalah singkatan dari ultrasonografi. USG menggunakan gelombang suara ultrasonik untuk dapat mendeteksi gambar atau bentuk dari si calon buah hati di dalam perut. Sebenarnya USG ini tidak hanya digunakan untuk memindai calon bayi di perut, tetapi juga bisa untuk mendeteksi benda-benda dan penyakit yang ada di dalam perut. Namun, umumnya lebih sering digunakan untuk menampilkan gambar si calon buah hati.

Selama ini, USG telah terbukti tidak menimbulkan efek buruk pada janin yang ada di kandungan. Justru dengan melakukan USG ini bisa memantau kondisi janin dan perkembangannya. USG juga bermanfaat untuk mengantisipasi dan mendeteksi dini apabila janin mengalami kelainan. Sehingga, bisa dilakukan tindakan terbaik untuk calon buah hati.

Sebelum melakukan USG alangkah baiknya untuk mengetahui berbagai jenis USG yang tersedia sekarang ini. Ini untuk menentukan pilihan jenis USG yang tepat bagi janin. Berikut ini jenis USG yang bisa menjadi pilihan ayah bunda nantinya.

Jenis-Jenis USG

  • USG Standar / 2D

Jenis USG 2D ini biasanya dilakukan pada saat kehamilan masih di usia muda atau untuk mendeteksi kehamilan. Gambar yang dihasilkan melalui jenis USG ini adalah gambar 2 dimensi. Bagi yang menginginkan USG dengan biaya murah, bisa memilih USG jenis ini. Kalian bisa klik di sini untuk mengetahui biaya USG 2D.

  • USG 3D

Hampir sama dengan USG 2D, USG 3D pun caranya hampir sama. Hanya saja gambar yang dihasilkan berupa gambar 3 dimensi, sehingga ayah bunda bisa melihat calon buah hati secara 3 dimensi. Tentu ini lebih detail untuk menunjukkan bagaimana perkembangan janin. USG 3D biayanya sedikit lebih mahal dibanding USG 2D. Namun, akan sepadan dengan hasil USG-nya.

  • USG 4D

USG 4D merupakan kelas tertinggi dari semua jenis USG. Mengapa demikian? Ini dikarenakan USG 4D bisa menampilkan wajah calon buah hati jika telah cukup umur, sehingga bisa dilihat apakah lebih mirip ayahnya atau bundanya. Selain itu, yang tak kalah menakjubkan, kalian bisa melihat pergerakan janin secara real time.

Demikian penjelasan singkat mengenai jenis-jenis USG yang ada, mulai dari USG 2D sampai USG 4D. Kalian bisa memilih mana yang terbaik. Sesuaikan pula dengan usia kehamilan dan budget yang kalian miliki. Karena semakin tinggi teknologi yang digunakan, maka akan semakin besar pula biayanya.

 

Kesehatan