Jenis Bahan Pembuatan Biogas Indonesia

Jenis Bahan Pembuatan Biogas Indonesia

Bahan baku yang digunakan untuk membuat biogas Indonesia sangat melimpah di sekitar kita. Berbagai jenis limbah kotoran selalu tersedia, misalnya yang paling sering dipakai adalah limbah hasil permukiman dan juga sentra peternakan.

Bahan baku biogas juga bisa didapat diperoleh dari limbah pertanian. Misalnya yang paling populer di sini adalah sisa tumbuhan liar seperti jerami atau sebagainya. Namun, ingat setiap bahan baku mempunyai nilai tertentu.

Dimana nilai yang dimaksud juga sangat mempengaruhi hasil pengolahan. Agar hasil biogas Indonesia yang didapat semakin maksimal, berikut beberapa bahan yang paling sering digunakan :

Limbah peternakan

Jenis limbah yang paling sering digunakan adalah kotoran hewan ternak, seperti kambing, sapi, kerbau, dan hewan unggas seperti ayam dan itik.

Umumnya, satu ekor sapi yang punya bobot 400 hingga 500 kilogram bisa menghasilkan kotoran hingga 20 sampai 29 kilogram. Hasilnya juga sangat bagus untuk biogas yang sedang kalian buat.

Limbah pertanian

Limbah pertanian juga kerap digunakan sebagai bahan limbah yang paling utama. Contohnya seperti sisa hasil panen, seperti gandum, kedelai, padi, kelapa sawit, dan juga sisa singkong busuk yang tidak dipakai.

Selain untuk sumber energi biogas, limbah tersebut juga sangat cocok untuk dijadikan kompos. Dimana kompos tersebut bisa menambah tingkat kesuburan tanah di lingkungan sekitar.

Limbah perairan

Bagi yang punya limbah perairan, jangan buang limbah tersebut karena bisa digunakan untuk sumber bahan utama biogas. Adapun contoh limbah yang dapat digunakan adalah eceng gondok, rumput laut, hingga alga.

Bahan tersebut punya karakteristik yang bagus untuk menghasilkan biogas yang sempurna. Contohnya, eceng gondok menjadi pilihan tepat jika kalian berada di lingkungan perairan yang menemukan bahan ini sebagai gulma.

Sampah organik aktivitas manusia

Bagi yang punya berbagai sampah organik, kalian juga bisa menjadikannya sebagai bahan utama biogas Indonesia. Biasanya sampah yang paling sering ditemui adalah sampah yang dihasilkan dari aktivitas rumah tangga manusia, pasar hingga aktivitas industri.

Selain diolah menjadi biogas, sampah organik juga bisa digunakan untuk kompos. Jadi, kalian bakal mendapat dua keuntungan langsung di sini.

Limbah manusia lainnya

Bagi yang punya limbah manusia lain yang belum dimanfaatkan, sebenarnya juga dapat dijadikan sebagai bahan baku utama pembuatan biogas yang kamu lakukan.

Bahkan kadang limbah tersebut juga mengandung kandungan C/N yang jauh lebih rendah dibanding kotoran ternak. Tentunya membuat limbah hasil kotoran manusia lebih gampang terfermentasi sehingga waktu untuk menghasilkan biogas jauh lebih cepat.

Membuat biogas Indonesia dengan bahan terbaik sangatlah penting agar hasil biogas yang didapat juga maksimal. Jangan sampai salah membuat biogas hanya karena masalah bahan yang dipakai. Semoga membantu dan silahkan membuat energi alternatif ini di rumah masing-masing.

Others