Cara Menyimpan Daging di Kulkas, Agar Awet Sampai 9 Bulan

Cara Menyimpan Daging di Kulkas, Agar Awet Sampai 9 Bulan

Setelah belanja daging, ada dua hal yang biasanya dilakukan yakni langsung mengolah daging atau malah menyimpan daging untuk stok beberapa hari kedepan.

Bagi yang memilih menyimpan daging, ada cara menyimpan daging di kulkas yang harus diperhatikan.

Tak heran karena daging adalah bahan makanan yang mudah rusak. Daging memiliki kandungan bakteri yang dapat merusak daging maupun bahan makanan lainnya.

Dilansir dari Australian Chicken Meat Federation, daging lebih baik disimpan secara terpisah dengan makanan matang. Bagi yang bingung, berikut cara menyimpan daging yang benar di kulkas :

1. Simpan di bawah 5 derajat celcius

Daging mentah disarankan disimpan di lemari es yang bersuhu di bawah 5 derajat celcius. Di suhu tersebut, bakteri lebih sulit dan lama untuk berkembang sehingga mampu memperlambat kerusakan pada daging.

Daging yang disimpan di suhu kulkas ada baiknya segera diolah setelah 2 hari sejak pembelian daging supaya daging benar-benar aman dikonsumsi.

Daging ayam yang sudah matang, mampu bertahan hingga 4 hari di kulkas. Daging ayam yang disimpan lebih dari itu bisa saja sudah busuk.

2. Simpan di freezer agar bisa lebih lama

Setelah membeli daging, segera letakkan daging segar ke freezer yang bersuhu di bawah minus 20 derajat celcius.

Daging mentah yang telah dipotong dan disimpan di freezer bisa bertahan sampai 9 bulan. Sedangkan daging ayam utuh bisa bertahan hingga satu tahun.

Daging ayam yang telah dimasak bisa bertahan di freezer hingga 6 bulan. Saat daging akan dimasak, ayam beku dapat dicairkan terlebih dahulu memakai  oven microwave.

Disarankan tidak mencairkan ayam beku di suhu kamar karena bakteri bisa berkembang biak ke tingkat yang sangat berbahaya.

3. Letakkan daging di rak bawah kulkas

Saat menyimpan ayam mentah di kulkas , ada baiknya meletakkan daging di bagian rak yang paling bawah. Jangan lupa membungkus daging dengan plastik dan letakkan di piring.

Agar lebih praktis, daging bisa diletakkan di wadah yang tertutup. Hal tersebut bertujuan agar sari daging ayam tidak menetes ke makanan lainnya.

Sari daging yang menetes ke makanan lain sangatlah berbahaya, terutama jika menetes  di makanan yang tidak perlu dimasak seperti buah-buahan.

Pastikan daging ayam yang diletakkan di kulkas tidak ditumpuk di atas makanan ataupun minuman lain.

4. Tidak mencuci piring

Banyak yang beranggapan setelah membeli daging, sebaiknya dicuci sebelum disimpan atau dimasak untuk stok. Padahal hal tersebut tidak disarankan.

Menurut para ahli, daging ayam mentah yang ingin dimasak tidak disarankan untuk dicuci terlebih dahulu.

Mencuci daging mentah juga tidak menghilangkan bakteri yang menempel di  bagian dagingnya.

Itu tadi cara menyimpan daging di kulkas yang benar. Semoga dengan informasi di atas, kamu tidak melakukan kesalahan lagi saat menyimpan daging.

Others