Cara Agar Anak Terbiasa Salat Qobliyah Subuh

Cara Agar Anak Terbiasa Salat Qobliyah Subuh

Sebagai orang tua, mendidik anak agar terbiasa melakukan salat adalah hal yang sangat penting. Pasalnya, salat sendiri merupakan kewajiban bagi setiap muslim sehingga harus dibiasakan dari kecil. Tentu, salat yang dimaksud bukan hanya salat wajib, melainkan salat sunah terutama qobliyah subuh atau salat sebelum subuh.

Perlu diketahui bahwa salat qobliyah subuh merupakan salat sunah yang memiliki banyak keutamaan. Dalam salat satu hadis, Rasulullah bersabda yang artinya, “Dua rakaat sunah fajar (qobliyah subuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya”.

Dari riwayat tersebut tergambar betapa besar pahala yang didapatkan seorang muslim yang terbiasa melakukan salat ini. Oleh karenanya, Anda sebagai orang tua harus mengupayakan anak untuk terbiasa melakukan salah satu salat sunah ini.

Ada beberapa cara yang bisa diterapkan agar anak terbiasa salat qobliyah subuh sebagai bagian dari penerapan parenting Islami. Adapun cara yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan pengetahuan kepada anak

Agar anak terbiasa menjalankan salat qobliyah subuh –dan juga ibadah lainnya, maka Anda perlu memberikan pengetahuan kepada anak. Tentu, pengetahuan yang dimiliki tersebut nantinya bisa menjadi dasar kenapa penting untuk menjalankan salat atau ibadah tertentu tadi.

Dalam hal ini, Anda bisa menjelaskan tentang keutamaan dari qobliyah subuh yang didapatkan jika melakukannya. Selain itu, berikan informasi bagaimana Rasulullah memberikan penekanan dan senantiasa melakukan ibadah tersebut.

  1. Memberikan contoh

Anak adalah peniru ulung dari orang tua. Apa yang dilakukan oleh orang tua mereka kemungkinan besar juga akan mereka lakukan. Oleh karenanya, ketika Anda sebagai orang tua menginginkan anak Anda melakukan sesuatu, maka Anda perlu memberikannya contoh terlebih dahulu.

Berkaitan dengan membiasakan anak untuk melakukan salat qobliyah subuh, maka Anda harus memberikan contoh terlebih dahulu. Artinya, Anda harus memiliki kebiasaan tersebut terlebih dahulu baru kemudian mengajarkan dan mengajak anak Anda untuk melakukannya.

  1. Mengatur jam tidur anak

Selain memberikan contoh, untuk membangun kebiasaan agar anak mau mengerjakan qobliyah subuh dengan tertib adalah mengatur jam tidur anak. Ini adalah hal yang penting dilakukan karena telat bangun menjadi salah satu sebab kenapa anak susah untuk qobliyah subuh.

Dalam hal ini, biasakan anak untuk tidur tepat waktu dan tidak terlalu malam. Anda bisa mengatur jam tidur anak maksimal sekitar jam 9 malam. Nantinya, dengan waktu tidur yang cukup, anak akan cenderung lebih mudah untuk bangun pagi dan akan langsung merasa segar saat dibangunkan untuk salat qobliyah subuh.

Beberapa hal di atas merupakan apa yang bisa Anda lakukan untuk membiasakan anak melakukan salat qobliyah subuh. Sebagai tambahan, kebiasaan ini merupakan salah satu bagian dari parenting Islami yang penting dilakukan terutama karena banyaknya keutamaan yang didapatkan.

Others