Cappuccino dan Jenis-Jenisnya

Cappuccino dan Jenis-Jenisnya

Jika anda pecinta kopi tentu sudah tidak asing lagi dengan Cappuccino. Kopi jenis ini sendiri merupakan salah satu kopi yang memiliki penggemar yang cukup banyak. Jenis kopi ini memang menu wajib yang harus ada disemua kafe diseluruh dunia sehingga penting bagi anda untuk mengetahui beberapa jenis kopi satu ini. Ciri yang paling jelas dari kopi ini adalah adanya susu yang tampak kering dan berbusaa dibagian atasnya. Pada dasarnya, jenis ini merupakan buatan daari 1/3 espresso, 1/3 susu dan 1/3 foamed milk. Hal ini diartikan bahwa rasa kopi akan tersamarkan oleh susu sehingga hasilnya tidak akan terlalu pahit.

Jenis-jenis Cappuccino yang wajib anda ketahui

Perlu anda ketahui bahwa kopi ini memang memiliki berapa jenis yang wajib anda ketahui sehingga saat anda berkunjung ke kafe anda bisa memilih kopi jenis ini yang tepat. Jenis pertama adalah tradisioonal cappucino. Jenis ini sesuai dengan namanya yaitu sudah ada pertama kali di italia pada awal 1900-an. Pasanya kopi ini memang menjadi bagian dari budaya kopi tradisional masyarakat di Italia sehingga untuk menjelaskan mengenai kopi maka tidak akan lengkap tanpa menyinggung kebudayaan ini yang mana sudah dikonsumsi sekali sehari dipagi hari.

Adapun jenis kedua dari Cappuccino adalah cappunico chiaro yang memiliki takaran susu untuk membuatnya cuup berbeda. Susu yang dicampurkan kedalam kopi ini memiliki jumlah yang lebih banyak sehingga takarannya pun melahirkan varian baru. Jenis ini disebut juga sebagai Wet-Cappucino dimana takaran susu dan busanya lebih banyak. Selain itu, ada juga cappucino Scuro yang jumlah susunya lebih sedikit. Hal ini berbeda dengan jenis yang sebelumnya sehingga jenis ini sering juga disebut sebagai dark atau Dry-Cappucino dimana takaran susunya lebih sedikit sehingga rasa dari espresso pada menu ini akan lebih kaya.

Jenis lain yang perlu anda ketahui adalah Freddo. Jenis ini bukan hanya melihat berdasarkan takaran susu, panas atau dinginnya secangkir kopi. Pada jenis ini, kopi disajikan dengan es batu sehingga akan terasa lebih dingin. Karena disajikan dengan kondisi dingin maka kopi satu ini memiliki cita rasa yang lebih pahit segar ketimbang dengan jenis lainnya. Adapun meni ini sendiri lebih populer dan mudah ditemukan di Yunani dibandingkan di negara asalnya yaitu Italia.

Sedangkan Cappuccino terkahir adalah Falvored-cappucino yang merupakan salah satu jenis kopi yang memiliki cita rasa nikmat. Menu ini sendiri sangat populer di Amerika Serikat dan biaasanya Flavored disajikan dengan sirup sederhana yang beraroma demi mendapatkan rasa tamabahan. Beberapa pilihan rasa juga bisa dijumpai seperti vanila cokelat, karamel dan peppermint, raspberry, dan kayu manis. Untuk menambahkan cita rasa, anda juga bisa menambahkan bubuk kayu manis atau karameel dibagian atasnya. Itulah beberapa jenis yang bisa anda ketahui yang tentu memilliki cita rasa khasnya masing-masing.

Lifestyle